Sabtu, 17 Mei 2008

Abi, Auah dan Bunda

Sejak Abi lahir saya dan ayah Abi sepakat mendidiknya sealami mungkin. Hal ini di awali dengan memberikan Abi ASI exclusive, walaupun pada awal pemberian ASI sempat bermasalah namun seiring berjalannya waktu kami berdua sukses. Abi anak kami mendapatkan ASI selama 2 tahun.

Kami juga memperkenalkan alam semesta ini pada Abi sedini mungkin. Walaupun belum bisa bicara, kami selalu berusaha memberitahunya pengetahuan dimulai dari benda-benda yang ada di lingkungan rumah, di luar rumah seperti awan, langit, pepohonan, angin dan banyak lagi. Dan Alhamdulillah Abi sudah dapat berbicara semenjak usianya satu tahun walaupun kata yang diucapkannya masih samar. Bahkan sebelum mencapai usia satu tahun kami sudah banyak dapat berkomunikasi dengan Abi melalui isyarat yang dia berikan.

Untuk urusan berjalan Abi memang agak lama, tetapi kami selalu membiarkannya bermain dengan merangkakdi jalan depan rumah kami (jalan dirumah kami tidak terlalu ramai kendaraan)ataupun dilapangan, Biasanya kami memakaikan celana panjang agar Lutut Abi tidak terluka pada saat merangkak. Ketika sudah dapat berjalan sekali waktu Kami membiarkannya berjalan tanpa sandal ataupun sepatu, tetapi kami juga membiasakan Abi untuk Mencuci tangan dan kaki sepulangnya bermain dari luar.

Di rumah, kami menanam beberapa tanaman sayur, halaman rumah kami memang sangat tidak indah akan tetapi paling tidak kami dapat memperkenalkan beberapa tanaman sayuran yang bisa dia makan dari mulai menanam benih sampai dengan panen.

Dan hasilnya Abi sangat senang sekali dengan kegiatan berkebunnya itu.
Begitu banyak kegiatan di sekitar rumah yang bisa kita ciptakan sendiri, tidak perlu mainan mahal tetapi tetap berkualitas. Hal-hal yang bisa membuat perkembangan fisik maupun mental anak kita maksimal. Karena masa balita adalah masa “Golden Age” . Jadi untuk ayah dan bunda ‘temannya abi’ Yuuk kreatif dengan kegiatan sekitar rumah.

Tidak ada komentar:

Jangan Lupa Waktu yaa...

Jadwal Shalat Jakarta dan Sekitarnya

Blogging gak bisa menghasilkan uang? Siapa bilang? Coba klik deh...